Entri Populer

Sabtu, 18 September 2010

Merdeka!!! Sekelumit cerita wisuda 19 agustus 2010....after graduation,welcome to the real world......

Bakti kami mahasiswa Gadjah Mada semua ..
Kuberjanji memenuhi panggilan bangsaku
Di dalam pancasilamu jiwa seluruh nusaku
Ku junjung kebudayaanmu kejayaan Indonesia .......

                Itulah hymne gajah mada yang  terdengar lagi di telinga saya ketika geladi resik tanggal 18 agustus 2010 di GSP. Awalnya sy memasuki ruang utama GSP itu agak terkagum2, ternyata ruangan itu mirip dengan gedung MPR.  18 februari 2010,ketika kakak saya berhasil diwisuda, alhamdulillah, sejak saat itu saya berniat untuk bisa  masuk ke gedung utama GSP itu, coz saat itu saya hanya bisa melihat lewat viewer di lantai 1 GSP. Alhamdulillah, saya bisa mewujudkannya dengan hidayah Allah, bisa juga masuk gedung utama tanggal 18 agustus 2010 itu juga. Pas geladi resik itu,  ada seorang wapemred Kompas yang share pengalaman, agak menarik siy, tapi lebih kepada bidang poleksosbud. Ada point penting di sana, menurut saya, memang sekarang ini kadang mahasiswa kurang peka dengan situasi pemerintahan, pengetahuan umum sekarang. Ya, masak kemarin, ada yang ditanya pas wawancara : kota pontianak berada di mana kagak tahu???aneh aja siy, tapi mungkin bisa jadi bahan introspeksi diri kita, pengetahuan umum penting kok apalagi di dunia jurnalistik apalagi ilmu bahasa. saya agak interest dengan pernyataan beliau, bahwa kadang dalam menyusun sesuatu yang ilmiah kita kurang memperhatikan tata cara penulisan bahasa, padahal itu penting lho. Saya jadi ingat ketika skripsi saya, dibantai juga karena penulisan, he..he..
                  Menarik, bahasan dari wapemred kompas, pak trias, hemmmmm...lumayan juga orang itu meski tidak terlalu menginspirasi saya. Next, habis geladi resik, sy check in hotel untuk keluarga di UC. niy selama 4 tahun, batu pertama kali nginep hotel di jogja dan UC UGM jadi tempat pertama. Malam harinya berdiskusi dengan keluarga, sampai2 saya hanya bisa tidur 1 jam aja, itupun nonton bola. jam 3 malam, saya, mama dan bapak turun ke lantai 1 UC makan sahur. eh.., tiba2 saya melihat sekelompok tim perias sudah siap merias teman2 yang diwisuda., he...he... jam 3 udah dandan,emang agak ribet ya ketika jadi wisudawati..enak jadi wisudawan, he..he..habis sahur, sholat shubuh, kemudian, langsung makai toga, lencana, dan selendang UGM bercorak "inter" karena warna hitam biru, he..he..
                 Jam 5.30, saya pamit ke mama dan bapak, berangkat ke GSP, weh, ternyata, wisudawan yg datang baru sedikit kali jam itu, , alhamdulillah langsung tanda tangan. habis itu foto2 dengan 9 geodetic graduation periode pertama , mantap gan. Setelah foto2 ternyata,pas  jalan masuk ke ruang utama, diurutin nomornya. jam 8 nanLangsung aja lari2 ke depan, ternyata alhamdulillah, posisi sudah sesuai dengan urutan. masuk GSP rektor datang, Hymne gajah mada dinyanyikan, hening sekali suasana. Setelah itu penyerahan ijazah simbolik ke masing2 fakultas.  Prosesi yang ditunggu dimulai, Penyerahan ijazah hampir 1600an wisudawan, dengan jumlah terbanyak teknik sekitar 368 orang. Yeah, untung urutan saya 160, akhirnya bisa menerima ijazah dari mantan bigboss project saya di lisdes Dr. Tumiran, rasanya senang, alhamdulillah bisa ketemu beliau lagi, he..he... tapi prosesi penyerahan ijazah ini emang agak membosankan dan membuat ngantuk, tapi saya bisa melihat teman2 mendapat ijazah dari masing2 fakultas, meski posisi saya di bagian timur ruang utama.
                sekitar jam 10.30an prosesi ijazah selesai diganti dengan sambutan dari lulusan terbaik mbak ulia kalo g salah namanya dari fisipol, IPK 4 , wah hebat kali, dengan masa studi 5 tahun. Suasana GSP yang datar, langsung bergemuruh setelah mbak ulia berpidato layaknya Megawati dengan awalan Merdeka!!!, he..he.. like this, semangat menggebu2 tapi bisa menghidupkan suasana GSP. saya dan teman sebelah saya  langsung berpikir beliau bisa jadi juru kampanye parpol niy, he..he..sampai2 terakhir dia menyanyikan lagu hymne gadjah mada lagi, usut punya usut ternyata di mantan anggota Paduan Suara Mahasiswa UGM, ya salut deh. sampai saya lihat ada 2 dekan yang memfoto dia saat berpidato, he..he..lanjut sambutan dari Rektor UGM tentang prestasi UGM , salut untuk mhs UGM semoga prestasi itu bisa digunakan untuk kebaikan rakyat Indonesia, intinya ada efeknya secara langsung.Soalnya, kadang saya berpikir banyak di Indonesia orang pintar, tetapi kok Indonesia kurang maju dalam iptek dan kesejahteraan ya???
                 Jam 11 acara selesai, astaghfirullah, mau keluar ke pintu timur nemui bapak, mama, dan adikq aja kok antri sekali, tapi alhamdulillah ketemu. tapi di balik itu, sebelum nya secara tidak sengaja ada teman2 sms saya, katanya mereka mau menemui saya habis wisuda. tak pikir ada apa, ternyata mereka mau kasih bunga .Tapi saat itu, saya dan keluarga foto keluarga dulu dan langsung ingin checkout hotel sehingga tidak menemui mereka. Wah, bunga yang saya harapkan bisa didpat, pada wisuda ini, tidak saya dapatkan.tapi g p p lah. AKhir pekan ini, saya sudah meninggalkan kos di jogja ini untuk balik kampung sebelum berkarya, semoga setelah lebaran bisa mendapat kemudahan dari Allah. Siang habis checkout, langsung menata barang dan dikasih ke mobil APV bapak.  Ya itulah ceritaq wisuda UGM 19 Agustus 2010 di Bulan ramadan ini. Ya, kata teman saya, setelah lulus dan wisuda, " welcome to the real world", ya benar siy, sy pernah tes wawancara, dan emang idealisme kita kan diuji saat bekerja, semoga kita semua senantiasa mendapat petunjuk dari Allah.......Selamat kepada teman2 yang wisuda agustus ini,semoga kita semua bisa sukses dunia dan akhirat. Welcome to the real world

Best regard Febrian Wahyu Hersanto, S.T.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar