Entri Populer

Sabtu, 18 September 2010

Pioner untuk KASMANAM, forum silaturahim smansakra 06

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh         

               Alhamdulillah, 16 September 2010, Kasmanam terbentuk juga. Ya, itu adalah kepanjangan dari Keluarga Alumni SMAN 1 Karanganyar angkatan 2006. Ya kadang bingung juga mau disebut angkatan 2006 atom 2003 karena kami masuk pas 2003. Sebenarnya, semua berawal dari ide di ruang tamu Alvin, H-2 sebelum Lebaran. Habis  wisuda, Alhamdulillah, saya berhasil mengumpulkan teman2 ex rohis 06 di lesehan bu dwi, saat buber. Ya berawal dari itulah, saya dan Alvin mulai memiliki ide untuk membangun sebuah forum angkatan06 ato jaringan. Dengan modal nekat, akhirnya ide itu berusaha kami wujudkan dengan mengajak saudara ferdian, desta, yogiek untuk membantu reuni ini. Gayung bersambut, Alhamdulillah, bu dokter dita bersedia menyediakan rumahnya sebagai tempat halal bihalal kilat ini.

              Ya , akhirnya konsep dibuat cuma dalam 1 hari, H-1 sebelum saya mudik. Sebenarnya terlalu cepat ya, acaranya dengan jadwal silaturahim lebaran yang cukup padat, akhirnya kami menggunakan 3 media, facebook, sms, dan undangan langsung. Alhamdulillah, Alvin bisa menyelesaikan udnangan itu pas malam takbiran. Jam 3 malam , sy upload via faccebook(untung purworejo yang desa ada sinyal GPRSnya, he..he…). Informasi tentang reuni itu, dari hari kehari semakin tersebar ke teman2. Alhamdulillah , tanggal 14 september 2010, sudah mulai ada yang konfirmasi. Pada awalnya siy, sy dan Alvin berharap ada sekitar 30=an anak yg hadir, ya itu mungkin sbuah doa dan harapan.

              Tanggal 14 september, sy dan Alvin rapat kecil untuk persiapan tempat dan konsumsi, awalnya mau pesan catering di tempat teman SD dulu, tapi karena lebaran jadi penuh. Sejujurnya, kami menganggar makanan besar berlauk pauk ayam kardusan itu hanya sekitar 6 ribu rupiah(karena belum pastinya pemasukan dari iuran), sehingga Alvin ada ide untuk ke Solo, katanya belakang kampus ada ayam penyet harga 5500 plus es teh.

              Tanggal 15 september, persiapan mulai intensif, saya, Alvin, ferdian mencoba merumuskan rencana. Akhirnya, kami pergi ke solo juga untuk pesan ayam penyet, dan apa yng terjadi ternyata tokonya tutup. Terus kami menuju ke ayam goreng tulang lunak di belakang UNS juga, dan ternyata harganya 10 rb-an. Ya, akhirnya rapat kecil lagi dilakukan untuk menghitung anggaran di bawah jembatan bengawan solo sambil minum es degan. Ya, akhirnya ferdian melontarkan ide untuk prasmanan aja , dengan lauk lele dan sambel tumpang. Good idea, akhirnya balik juga mesannya ke simbahnya Alvin, he..he.. ternyata kadang kita berpikir tempat yang jauh lebih baik, ternyata di dekat juga ada, itu pengalaman dari kami, ha..ha..Setelah itu, kami menghampiri desta, akhirnya 4 serangkai bergabung. Target selanjutnya beli semangka,degan, snack di pasar siang itu. Ya, harga degan ternyata di karanganyar dan solo mencapai tertinggi 6500an, wah mahal amat, padahal dulu 3500 aj. Ketika itu, sama aja ketika mau beli semangka di pasar, harganya juga cukup mahal siy dan kami belum tahu kualitasnya. Untuk snack beli di pasar juga kurang representative karena harga agak mahal juga. Ya beginilah ketika “four men” belanja di pasar, bingung juga, ha..ha. tapi seru gan.

                 Akhirnya, siang itu, kami memutuskan beli semangka dan degannya besok pagi2 aj. Ya target diarahkan membeli snack di karanganyar. Ada tiga tempat yang kami kunjungi, dan kami melakukan survey harga (maklum mencari paling murah tapi berkualitas, he..he.), setelah membandingkan harrga, akhirnya snack bisa terbeli juga, Alhamdulillah, langsung dikirim ke rumah dita. Hari itu juga, berkat bantuan tim coordinator yang lumayan solid dari dita dan yogiek, akhirnya terkumpul sekitar 40-an orang confirm.
Ya, akhirnya datang juga, tanggal 16 september 2010. Malamnya , tim coordinator suruh kumpul di Alvin, jam 6 pagi gan untuk belanja di pasar dan mempersiapkan semua. Ya, jujur pas hari itu saya terlambat bangunnya, karena malamnya lelah banget setelah seharian persiapan, malamnya hujan2 nganter kakak ke stasiun balapan untuk ke Jakarta.Ya, jam 6 pagi, Alhamdulillah saya udah sampai Alvin, ternyata di situ sudah stand by desta (dijemput Alvin,dari pagi), dan Alvin. Ferdian agak telat karena perutnya agak mules. Kami kemudian, mencuci temapt nasi dan degan bareng2. Tak berapa lama ferdian datang. Kami berempat “four men” akhirnya belanja ke pasar coz yogiek sedang menjenguk ponakannya yang sedang sakit. Dengan driver Alvin, mobilnya berlari kencang ke pasar jungke. Ya proses pencarian semangka dan degan dilakukan plus sambalnya pecel yang udah siap pakai.

                   Jujur siy,dalam tempo 4 tahun ini, kyke saya baru ke pasar hari ini, parah tenan, soalnya yang biasa ke sana ibu, bapak, dan adikq aj. Ya turun dari mobil mencari degan. Ternyata di sana kebanyakan kambil. Itulah , kami juga g tahu beda kambil dan degan, setelah putar2 kami mendapat seorang nenek tua yang menjual kambil dan degan, dia siy mengatakan bahwa itu degan, ya kami berpikir positif aja, dan setelah dikocok2 emang ada airnya kelapane. Akhirnya kami membeli 6 kelapa dengan harga satuane 4 ribu rupiah. Setelah dapat degan, kami searching semangka, dan setelah ada tawar menawar, akhirnya dapat juga 2 semangka. Selesai dapat semangka dan kelapa, akhirnya, kami memutuskan makan soto di pasar, ternyata ketemu yogiek dan keluarganya yang lg belanja di pasar setelah menjenguk ponakannya.

               Selesai makan, langsung tancap gas ke rumah dita, untuk persiapkan tempat dan piring, gelas, Alhamdulillah tempat udah siap dan piring dan gelas udah dibersihin ama yuninta dan DPU. Ya lega deh, akhinrya balik ke tempat Alvin, mau mecah kelapanya untuk dibuat es degan. Setelah dibuka ternyata kelapanya itu kambil, aduh ternyata salah beli niy, he..he..Ya pengalaman deh, kalo bertanya tanyakan kepada ahlinya atau orang yang berpengalaman. Akhirnya setelah diberitahu ibunya Alvin, saya dan Alvin membeli degan di pertigaan dekat intan paru, dengan 5 ribu  bisa dapat 1 kelapa sekalian dipecahin dan diambil airnya. Ferdian membuat form, desta membuat teh.

              Setelah smua ready, akhrnya desta izin pulang dulu untuk ganti baju, ferdian pergi ke rumah dita dulu mewakili panitia. Ya, saya dan Alvin mengurusi pecel lelenya, dan mengangkut barang2lain, jam 9.30, akhirnya semua bisa terangkut dan ditaruh di rumah dita. Alhamdulillah, teman2 udah banyak yang datang. Saya pribadi lega, apalagi teman2 panitia. Ternyata yang datang banyak perempuannya, tapi lumayan Alhamdulillah. Acara dimulai jam 10-an, dibuka Alvin, dengan penjelasan pembentukan forum silaturahim smasakra angkatan 2006. Forum ini sebenarnya bertujuan baik untuk membangun silaturahim dan jaringan. Contohnya missal ada lowongan pekerjaan, share ilmu baru, undangan khitanan, walimahan etc bisa dishare dalam forum ini sehingga akses informasi cepat dan menyebar. Saya sendiri siy berharap forum ini bisa seperti KAGAMA milik gajah mada. Intinya , forum ini bisa menjembatani rasa persaudaraan seangkatan, sehingga bisa saling membantu.

                Setelah itu, sesi perkenalan dan pengisian biodata, ya semua memperkenalkan diri baik dari IPA dan IPS. Rata2 teman2 udah pada lulus, dan tinggal cari kerja dan jodoh, Alhamdulillah. Saya juga baru tahu setelah di forum ini, ternyata pas wisuda ugm periode agustus kemarin tidak hanya tasa dari F.Psiko UGM dan sy dari FT UGM yg diwisuda, ada juga ternyata anak Gajah mada dari FK UGM tepatnya gizkes 06 yang diwisuda beliau dari IPA4. Ya itu yang saya maksud, jaringan forum angktan bisa memperkuat jaringan KAGAMA. Diskusi dengan teman2 berjalan lumayan bagus, meski kadang banyak ngobrolnya maklum banyak perempuannya,

               Setelah diskusi selesai dilanjutkan dengan sholat berjama’ah dhuhur, kemudian makan besar pecel lele, Alhamdulillah untung g kurang persediaannya, panitia lega. Setelah selesai makan2, dilanjuutkan diskusi lagi mengenai nama forum silaturahim dan kelanjutannya. Ada banyak ide dari IKASMAGA dan KASMANAM. Setelah, beberapa pendapat akhirnya terbentuk forum silaturahim dengan nama KASMANAM (Keluarga Alumni SMAN 1 Karanganyar Angkatan 2006). Ya , alhamdulillan tujuan dan harapan panitia bisa terwujud. Insya Allah, akan segera dibuat Group di FB (sudah tak buat, bagi teman2 seluruh angkatan 2006 smansakra gabung ja ke group KASMANAM (ketik aja disearch KASMANAM)), untuk mailing list group masih dalam proses. Tapi ada hikmah teman2, ternyata yang datang dalam acara pertama ini ada 30 orang, jadi mungkin setiap ucapan bisa jadi doa, coz sy dan Alvin juga menarget 30 orang, he.he..

                  Intinya, saya berharap forum ini bisa menjadi ajang silaturahim seluruh angkatan 2006 SMAN 1 Karanganyar. Mungkin suatu saat 10 tahun – 20 tahun lagi kita bisa melakukan reuni emas, misalkan mengadakan baksos atau melakukan kegiatan positif lain. Saya mengapresiasi dan mengucapkan banyak terima kasih kepada teman 2 yang bersedia hadir , bepartisipasi, maupun seluruh teman2 smansakra angkatan06 termasuk yang kemarin belum hadir karena ada acara lain. Secara pribadi sy juga mengucapkan banyak terma kasih kepada Alvin, ferdian, yogiek, dan dita atas kerjasama kilat kita sehingga bisa membntuk forum KASMANAM ini semoga bisa menjadi forum yang lebih maju ke depannya

                   Maaf jika dalam tulisannya saya ada yg salah mohon dikoreksi,ya ini pendapat pribadi aja, sy senang bisa bekerjasama dengan panitia sebagai “Sang Pioner” terinspirasi “Sang Pencerah” dan “sang Pemimpi” untuk Karanganyar dan Indonesia lebih baik, Insya Allah

Diselesaikan pukul 18-9-2010, 5: 45 pagi di Karanganyar tercinta
best regards
FWH

             Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar