Entri Populer

Sabtu, 18 September 2010

Setitik cerita pentingya alumni Kagama (case study : karanganyar)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

                Di sela2 bulan Ramadan yang penuh hikmah ini, setelah “resmi” pindah dari jogja ke kampung halaman karanganyar, saya ingin menulis lagi. Ya menulis lagi, karena sekarang sy msh nganggur di rumah, he..he..masih menunggu petunjuk dari Allah di akhir bulan ini, semoga habis lebaran ini, Insya  Allah bisa berkarya, amin…doakan ya teman2.

               Saya pikir minggu kemarin, tulisan sy tentang wisuda yag berjudul “ Merdeka !!.....” dan cerita hidup di ugm (tale of hersanto) itu menjadi tulisan terakhirq yang berhubungan dengan ugm. Ternyata tidak juga, he..he… sebagai alumni saya ingin menulis lagi tentang UGM tapi ini konteks tentang KAGAMA (keluarga Alumni Gadjah Mada). Begini ceritanya, hari selasa 24 Agustus 2010, 2 hari setelah saya tiba di karanganyar, saya kedatangan tamu istimewa. Pagi,  Mama, bapak dan adikq sudah berangkat beraktivitas, sedang saya tinggal di rumah, refresh, istirahat setelah hampir 3 minggu di jogja ngurusin wisuda. Tepat setelah dhuhur, adik saya pulang dari kampus.

                     Ketika itu, saya lagi enak bincang2 dengan adikq, tiba2 ada seorang tamu yang mengetuk pintu rumah saya . “ tok tok, Assalamu’alaikum”,, terus sy membukakan pintu di depan saya ada orang tinggi tegap berumur sekitar 30 tahun, menggunakan tas laptop dengan sepeda motor berplat AG, dia bertanya “ apa benar ini rumah mas febri, yang  kuliah di UGM?”. Spontan,sy menjawab “Ya, mas, sy pernah kuliah dari ugm, baru lulus kemarin, Alhamdulillah”. Terus saya persilakan duduk di rumah saya. Pertama, dia menjelaskan kalo ATM BCA-nya itu kemakan di ATM karanganyar,.padahal dia saat itu perjalanan dari jogja menuju rumahnya di sidoarjo, padahal saat itu dia cuma bawa uang sedikit (mungkin g cukup ut beli bensin juga) dan ATM, spontan dia teringat ada temannya alumni teknik Geologi UGM yg tinggal di karanganyar(karanganyar menjadi kota asing baginya), tegalasri tepatnya. Akan tetapi, setelah dicari di tegalasri, temannya itu sedang bekerja di Chevron, jadi tidak di tempat. Secara inisiatif, beliau yang merupakan lulusan geologi UGM angkatan 2005 dan sekarang mengambil Pasca di geologi UGM, beliau mencari alumni kagama yang ada di tegalasri, karanganyar. Tiba2 aja,dia melewati RT saya bertanya ke tetangga saya.Pada dasarny di  tegalasri itu ada  banyak alumni UGM KAGAMA, 1 RT saya aja hampir ada 6 orang termasuk kakak saya, kalo 1 RW kemarin, ada 3 orang dari tegalsri yg lulus agustus lalu.Pas itu, tetangga saya tahu kalo saya yg ada di rumah , kemudian menunjukkan rumah saya. Ya jadi, deh kami bertemu dan diskusi

                    Dia memperkenalkan diri dengan nama pangglan tian. Awalnya dia meminta tolong ke saya untuk memberi bantuan agar bisa balik ke jogja dulu dan ngurus ATM yang kemakan di karanganyar. Insya Allah, sy berpikir positif aja karena stlh dicek beliau emang anggota KAGAMA. Setelah itu beliau bercerita mengenai karirnya yang diawali dari PT Freeport  Indonesia selama 9 bulan, katanya mantap gaji dan fasilitasnya, tapi beliau memutuskan resign. Setelah itu beliau masuk Pertamina Cilacap , dan menjadi Pertamina general engineer sekarang. Meskipun teknik geologi, beliau sekarng malah mengurusi maintenance mesin. Kata beliau kalo kerja di tambang itu, kita belajar untuk bekerja meski kadang ilmu g spesifik dengan kita. Ya lumayan, cerita pekerjaan beliau di pertambangan swasta dan BUMN cukup memberi pengetahuan, ttg apa siy perusahaan tambang itu, semoga saya bisa mengambil manfaat saat saya bkerja di tambang, Insya Allah.

                 Setelah berdiskusi hampir 30 menit, sy berusaha memberi bantuan semampu saya, agar beliau bisa balik ke jogja dan ngurusi ATM-nya dulu. Mungkin, dari cerita ini sy bisa mengambil hikmah pentingnya ikatan KAGAMA, di Indonesia, terutama kartu KAGAMA kalo bisa tetap disimpan. Semisal kita ada masalah di suatu kota padahal di kota itu kita asing, kita bisa menghubungi teman2 KAGAMA di daerah itu untuk membantu. Saya sendiri baru sekali ke Jakarta,belum pernah ke Surabaya, Lombok, kalimantan,Sumatra, dan lain-lain, jadi mungkin kalo perlu bantuan , sy akan menghubungi KAGAMA di sana. Mungkin ini sedikit cerita singkat saya….semoga KAGAMA di Indonesia tambah maju, dan ikatannya kuat, Insya Allah………semangat untuk UGM, KAGAMA, dan KATGAMA……………………….

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Best regard
Febrian Wahyu Hersanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar